Home » » TUMBUHAN

TUMBUHAN

Posted by Tentang Tumbuhan on Monday 18 January 2016




Tumbuhan adalah salah satu dari klasifikasi makhluk hidup yang mempunyai zat hijau daun sehingga dapat memproduksi sendiri makanannya. Tumbuhan merupakan oranisme yang menutupi sebagian besar dari tanah planet bumi hidup. Anda melihat mereka dimana – mana. Mereka termasuk rumput, pohon, bunga, semak – semak, pakis, lumut, dan banyak lagi. Tumbuhan adalah anggota Kingdom Plantae.

Ciri – ciri Tumbuhan
1.      Kebanyakan tumbuhan membuat makanan mereka sendiri melalui proses yang disebut fotosintesis
2.      Tumbuhan memiliki kutikula, yang berarti mereka memiliki lapisan lilin pada permukaan mereka yang melindungi mereka dan membaut mereka kering.
3.      Tumbuhan memiliki sel eukariotik dengan dinding sel yang kaku.
4.      Tumbuhan berkembang biak dengan spora atau dengan sel kelamin.

Sel Tumbuhan
Sel tumbuhan terdiri dari dinding sel yang kaku yang terbuat dari selulosa, kloroplas (yang membantu dengan fotosintesis), nucleus, dan vakuola besar yang penuh dengan air.

Energi dari Matahari
Salah satu fungsi yang paling penting dari kebanyakan tumbuhan adalah fotosintesis. Tumbuhan menggunakan fotosintesis untuk menciptakan energy langsung dari cahaya matahari.

Jenis Tumbuhan
Jenis tumbuhan dibagi menjadi dua kelompok besar : Vaskular (berpembuluh) dan nonvaskuler.
1.      Vaskular
Tumbuhan jenis ini memiliki jaringan khusus yang membantu untuk memindahkan bahan seperti air melalui tumbuhan. Mereka dibagi lagi menjadi tumbuhan non-berbunga dan tumbuhan berbunga. Sebagian besar oranisme yang ada seperti pohon, semak – semak, dan bunga, masuk ke dalam kelompok ini.
2.      Nonvaskular
Tumbuhan jenis ini adalah tumbuhan kecil seperti lumut, yang digunaka difusi dan osmosis untu memindahkan materi melalui tumbuhan.

Struktur Tumbuhan

Tumbuhan tediri dari tiga bagian yaitu daun, batang, dan akar. Adapun fungsi dan kegunaan dari bagian – bagian tersebut adalah sebagai berikut :

1.      Daun
Daun merupakan organ tumbuhan yang khusus untuk fotosintesis. Daun menangkap energy dari sinar matahari serta karbon dioksida mengumpulkan dari duara. Banyak daun datar dan tipis untuk menangkap sinar matahari sebanyak mungkin. Namun, daun datang dalam berbagai bentuk yang berbeda termasuk dengan bentuk jarum kurus panjang yang ditemukan di pohon – pohon pinus.
2.      Batang
Batang adalah struktur utama yang mendukung daun dan bunga. Batang memiliki jaringan pembuluh darah yang memindahkan makanan dan air di sekitar tanaman untuk membantu tumbuh. Tumbuhan sering menyimpan makanan pada batangnya.
3.      Akar
Akar tumbuhan tumbuh berada di bawah tanah. Akar membantu untuk menjaga tumbuhan dari terjatuh dan mengumpulkan air dan mineral dari tanah. Beberapa tumbuhan menyimpan makanan di akar mereka. Dua jenis utama dari akar adalah akar berserat dan akar tunggang. Akar tunggang cenderung memiliki satu akar utama yang tumbuh sangat dalam, sedangkan akar berserat memiliki banyak akar yang tumbuh ke segala arah.


0 komentar:

Post a Comment

Flag Counter

Total Pageviews

POSTING TERBARU

.comment-content a {display: none;}