Home » » DAUN

DAUN

Posted by Tentang Tumbuhan on Monday 18 January 2016



 
Daun merupakan salah satu organ tumbuhan yang tumbuh dari ranting, biasanya berwarna hijau baik yang mengandung klorofil dan terutama berfungsi sebagai penangkap energy dari cahaya matahari untuk fotosintesis. Daun merupakan organ penting bagi tumbuhan dalam melangsungkan hidupnya karena tumbuhan adalah organisme autotroph obligat, ia harus memasok kebutuhan energinya sendiri melalui konversi energy cahaya matahari.

Fungsi dari daun adalah pembuatan makanan yang utama dari hamper semua tumbuhan, bunga, rumput, semak belukar, dan pohon tergantung pada daun – daunnya untuk membuat makanan untuk keperluan tumbuhan tersebut.

Daun menangkap energy dari cahaya matahari dan digunakan untuk membuat gula dari hasil penyerapan air dalam tanah dan karbondioksida dari udara. Gula ini nantinya akan diubah menjadi banyak unsur kimia lainnya. Unsur tersebut nantinya menjadi makanan yang yang menyediakan energy pada tumbuhan untuk bertumbuh untuk menghasilkan bunga dan benih, yang kemudian berfungsi menjalankan aktivitas lainnya.

Cadangan makanan pada tumbuhan dibuat oleh daun yang tersimpan pada buah, akar, biji batang dan dalam daun itu sendiri. Tanpa adanya pasokan makanan dari daun, tumbuhan tidak akan bisa berlangsung hidup.

Fungsi Daun :

1.      Tempat Fotosintesis
Pada tumbuhan dikotil, terjadinya fotosintesis dijaringan parenkim palisade, sedangkan pada tumbuhan monokotil, fotosintesis terjadi pada jaringan spons.
2.      Organ Pernafasan / Respirasi
Pada daun terdapat stomata yang berfungsi sebagai organ respirasi / pernafasan
3.      Tempat terjadinya transpirasi
Transpirasi merupakan proses menguapnya air pada daun. Proses transpirasi terjadi pada daun lewat stomata atau mulut daun yang terdapat pada permukaan daun, dan lebih banyak pada permukaan daun bagian bawah.
4.      Tempat terjadinya gutasi
Tempat keluarnya cairan dari dalam tumbuhan
5.      Akar reproduksi vegetative
Daun dapat dijadikan bagian untuk memperbanyak tanaman, contoh sederhana adalah pada tanaman cocor bebek (tunas daun). Daun dijadikan bahan untuk reproduksi vegetative menjadi stek daun.

Jenis – jenis daun dibedakan berdasarkan :
1.      Costa (Ibu tulang daun);
2.      Nervus Lateralis (Tulang – tulang cabang);
3.      Vena (Ura – urat daun)

Berdasarkan jenis dan bentuk daun :

1.      Penninervis (Menyirip)
Pada jenis ini tulang daun memiliki susunan seperti sirip – sirip ikan, tersusun rapi mulai dari tangkai daun hingga ujung dari helai daun. Daun dengan susunan tulang daun menyirip dapat kita jumpai pada daun Mangnifera Ordota (kuweni), Duro Zibethinus Murr (durian), Averrhoe Carambola L (Belimbing manis), Syzygium Malaccense (Jambu Darsono), Psidium Guajava L (Jambu Biji), Anacardium Occidentele L (Jambu Mete), daun rambutan, daun mangga, dan lain – lain.


2.      Palminervis (Menjari)
Pada jenis ini tulang daun yang besar dan bentuknya seperti jari – jari tangan manusia. Misalkan pada jenis daun Carica Papaya (daun papaya), daun singkong, daun ketela pohon, dan lain – lain.



3.      Rectinervis (Sejajar)
Pada jenis ini daun – daun bangun garis dan bangun pita, yang mempunyai satu tulang ditengah yang besar membujur daun, sedangkan tulang – tulang lainnya jelas lebih kecil dan nampaknya semua mempunyai arah sejajar dengan ibu tulangnya tadi. Tedapat pada daun telu, padi, alang – alang, rumput, dan lain – lain.

4.      Melengkung
Pada jenis ini tulang daun melengkung berbentuk seperti garis – garis melengkung. Tedapat pada daun genjer, daun sirih, dan lainnya.


Begitulah sekilas pengertian tentang daun, semoga bisa bermanfaat bagi kita semua…..amin.


0 komentar:

Post a Comment

Flag Counter

Total Pageviews

POSTING TERBARU

.comment-content a {display: none;}